selamat datang

Kampus ku

Pesan Kami

DATA

Postingan
Komentar

Total Tayangan Laman

Like Facebook


Jumat, 22 Februari 2013

TERAPI RESPON CEPAT



A.    PENGERTIAN
Terapi respon cepat adalah terapi yang dijalankan berdasarkan cara energy mengalir melalui tubuh. Kunci mengapa psikologi energy berhasil baik adalah kenyataan bahwa tubuh kita ada listrik. Kita merupakan bagian dari keterkaitan antara kekuatan polarisasi, electromagnet, gudang pengetahuan leluhur dan kekuatan yng saling tumpang tindih antara rangkaian aktivitas dengan kesadaran. Polarisasi adalah kunci untuk menyeimbangkan kekuatan-kekuatan negative dan positif. Polarisasi adalah dasar dari semua benda hidup. Bila terjadi reaksi balik polarisasi dalam tubuh, kita melakukan yang terbaik dari apa yang kita inginkan. Dengan terapi respon cepat, kita dapat membalikkan proses ini dan dengan demikian  menghilangkan energy yang terhambat dalam tubuh dan membebaskan energy tersebut.

B.     LATAR BELAKANG
Terapi respon cepat lahir dari pengembangan Kinesiologi (cara system saraf mempengaruhi otot) Terapan , terapi meridian, Tingkat SUDS (Subjektif Unit Of Distress Scale atau unit subjektif skala stress emosional Negatif), terapi kognitif (Pikiran), Pemograman Neurolinguistik (kerja panca indra mempengaruhi informasi pada otak) dan terapi medan pikiran.

Eksperimen Terapi Respon Cepat Yang Pernah dilakukan:
*      Pada denyut Jantung dan komposisi darah terjadi perubahan kearah normal: Bulan juli pada tahun 1997 Dr. Fuller Royal Direktur Klinik Kesehatan Las Vegas . Dilakukan pula oleh Dr. Fuller dan Dr. Calahan. Dimana system saraf otonom tidak memberikan respon terhadap placebo sehingga efektivitas penanganan dapat diuji dengan tepat.
*      Pada Tahun 1993 Oleh Dr. James Figley dan Joyce di Florida State University Carbonell hasilnya menunjukkan hasil yang gemilang pada penderita Post Traumatic Sindrom.
Terapi Respon Cepat dapat dilakukan tanpa terapis dan tanpa harus mengetahui perinciannya, mengingat tidak ada hambatan budaya, bahasa, dan usia dalam penanganannya. Tidak perlu percaya pada efektivitas penanganannya, tidak ada efek placebo sehingga terapi ini dapat diperagakan dalam forum umum.

C.    TUJUAN
Tampaknya otak adalah sebagian kecil dari susunan puzzle, pikiran tidak terdapat didalam otak melainkan meliputi tubuh yang dapat mengalami gangguan yang merupakan pemicu stress emosional negative, dilakukannya terapi respon cepat bertujuan menyatukan pikiran dan respon tubuh yang mengubah hubungan negative tersebut.

D.    LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN 
  Tahap Persiapan:
   ü  Alat Tulis (Selembar kertas dan Pulpen/ pensil)
   ü  Siapkan 1 baris lagu favorit.
        Tahap pelaksanaan:
1.    Pilihlah satu jenis masalah yang ingin anda hilangkan.
2.  Masuklah ke dalam medan pikiran. Pikirkanlah masalah tersebut. Dalam pikiran anda, perhatikan apa yang anda katakan pada diri anda tentang hal tersebut, rasakan emosi yang muncul. Bila ada bau atau rasa sertakan.
3.    Bila masalah itu seakan-akan nyata dan terjadi pada saat itu, ukurlah intensitas emosi anda pada skala 10 poin SUDS dimana:  skala1: saya tidak terganggu, skala2: tenang dan rileks, skala3: Agak kurang nyaman tetapi dapat dikuasai, skala4: Tampak, skala5: saya tidak bisa tahan, skala6: tidak nyaman, skala7: parah, skala8: sangat parah, skala9: hampir tak tertahankan, skala10: rasa tidak nyaman yang terburuk. Tulislah skala SUDS anda.
4.    Lakukan putaran mata
5.   Lakukan penekanan pada lekukan antara jari manis dan jari kelingking. Ulangi langkah 4 dan 5.
6.   Akhiri dengan putaran mata
7.   Ukurlah Tingkat SUDS untuk kedua kalinya dan apabila telah turun 1-2 poin teruskan dengan langkah no.10
8.  Bila SUDS diatas 2 tekan titik tengah pinggir tangan antara buku jari kelingking dengan pergelangan. Lalu kembali ke langkah 1.
9.   Bila SUDS tidak turun pada skala  setelah 2 kali pengulangan. Tekan bawah hidung bukan tangan lagi tepatnya antara hidung dan bibir atas.
10. Lakukanlah:
·       Bukalah mata
·       Pejamkan mata
·       Gerakan mata kearah kanan bawah
·       Gerakan mata kearah kiri bawah
·       Putarlah mata satu arah
·       Putarlah mata berlawanan arah
·       Bersenandung 1 baris lagu keras-keras
·       Hitunglah sampai 5
·       Bersenandung 1 baris lagu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar